Rabu, 10 Agustus 2011

Buah Yang Kaya Antioksidan


02.23 | ,

Kurma
Buah kurma mengandung kalium (potassium), serat, kalsium, zat besi (Fe), vitamin: A, B2, dan B12, C, aspirin, salisilat, fosfor, sulfur, natrium (sodium), magnesium, cobalt, seng, fluorin, tembaga (Cu), mangaan, selulosa, dan karbohidrat (berupa glukosa dan fruktosa). Kandungan vitamin C-nya berperan sebagai antioksidan.
Kismis
Tak mengejutkan jika kismis masuk dalam daftar buah kaya antioksidan. Tentu saja, karena bahan dasar kismis adalah anggur yang memang mengandung zat antioksidan yang tinggi.
Blueberry
Blueberry mengandung berbagai zat gizi, contohnya beberapa mineral (mangan, kalsium, fosfor, besi, kalium, dan seng), vitamin B1, B2, B3, dan B6, vitamin C, vitamin E, vitamin K, serta karbohidrat dan lemak. Dan Antosinin, adalah zat antioksidan yang terkandung dalam blueberry, yang mampu menghambat perkembangan sel kanker, inflamasi, serta baik untuk kesehatan kulit.
Blackberry
Zat antioksidan yang terkandung di dalam buah ini adalah anthrocyanin, senyawa fenol yang mirip dengan kandungan buah anggur.
Strawberry
Strawberry mengandung Vitamin K, mangan, Folic acid, potasium, Riboflavin, Vitamin B5, Vitamin B6, magnesium dan omega-3. Dan tak ketinggalan, ia mengandung zat antioksidan yang membuat buah ini berwarna merah menggemaskan.
Raspberry
Buah Raspberry ini jika dikonsumsi secara rutin sangat banyak manfaatnya. Ia dapat mencegah kerusakan sel otak, melancarkan pencernaan, mencegah kanker usus, meminimalisir alergi tubuh, mencegah penyakit jantung, mencegah penuaan dini, dan masih banyak manfaat baik lainnya.
Buah Plum
Buah ini selain mengandung 38% antioksidan yang jauh lebih banyak daripada blueberry, juga kaya akan serat larut yang membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Jika Anda ingin berdiet, buah plum ini cocok sebagai bekal pencuci mulut makan siang.
Jeruk
Jeruk seperti yang Anda ketahui mengandung vitamin C yang ternyata sangat baik untuk mencegah pengeroposan tulang, mencegah penyakit batu ginjal, mencegah asma, membantu menurunkan kolesterol, mencegah dan menyembuhkan anemia dan lain sebagainya. Setiap 100 gram jeruk, mengandung energi 45 kkal; protein 0,9 g; lemak 0,2 g; karbohidrat 11,2 g; fosfor 23 mg; kalsium 33 mg; besi 0,4 mg; vitamin A 190 IU; vitamin B1 0,08 mg, vitamin C 49 mg, serta air 87,2 g.
Anggur Merah
Anggur merah jika dikonsumsi rutin setiap hari akan membuat awet muda. Ini karena kadar antioksidan dalam anggur sangat tinggi, dan anggur juga mengandung kalium yang mampu menghambat penuaan dini.
Cherry
Cherry kaya akan vitamin C dan dapat membantu mengatur tekanan darah serta kaya akan serat pencegah kanker. Beta karoten yang terkandung di dalamnya mampu membantu mencegah kanker secara efektif. Selain itu, cherry juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta mengurangi resiko infeksi pernafasan (flu dan pilek).


0 komentar: