Rabu, 02 Februari 2011

Cara Praktis Untuk Mencegah Bau Badan Akibat Berkeringat


23.45 | ,

1. Minum banyak air putih
Memperbanyak minum air putih mampu melancarkan metabolisme tubuh dan membantu pembuangan racun dalam tubuh melalui keringat dan urin.
2. Gantilah pakaian luar dan dalam setiap hari
Selalu bawa pakaian ganti sewaktu melakukan aktivitas olahraga. Segera ganti pakaian Anda sesudah olahraga. Bila perlu, dalam kondisi berkeringat berlebihan, segeralah berganti pakaian. Jangan biarkan mengering di badan. Cuci bersih pakaian yang terkena keringat dan keringkan dengan sempurna.
3. Gunakan handuk atau lap keringat
Handuk atau lap keringat akan sangat membantu mengurangi keringat berlebihan saat kita melakukan aktivitas gerak.
4. Hindari pakaian berbahan sintesis
Lebih baik memilih pakaian berbahan katun daripada nilon atau polyester. Bahan katun dapat menyerap keringat dengan baik dan menguapkannya lebih cepat.
5. Bersihkan daerah lipatan-lipatan kulit saat mandi
Bersihkan daerah ketiak, pangkal paha, lipatan kaki, dan sela-sela jari kaki dengan seksama setiap kali mandi. Usahakan memakai sabun yang mengandung antiseptik agar bakteri penyebab bau badan mati.
6. Menggunakan deodoran
Deodoran mampu membantu menyerap keringat dan mengurangi bakteri penyebab bau badan.
7. Jangan menggunakan parfum berlebihan
Jangan pernah bereksperimen dengan mencampurkan wewangian secara berlebihan pada tubuh pada saat olahraga. Campuran wewangian berlebihan akan menciptakan aroma yang makin aneh dan tidak karuan ketika bercampur dengan keringat.
8. Cukurlah rambut ketiak
Rambut ketiak yang lebat menjadi tempat menyenangkan bagi perkembangan bakteri. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mencukur rambut ketiak.
9. Gantilah kaos kaki
Ganti kaos kaki Anda setiap hari atau minimal dua hari sekali. Sepatu juga perlu diangin-anginkan atau dijemur untuk mengeringkan keringat setelah dipakai berolahraga.
10. Hindari Stres
Stres bisa memacu produksi keringat berlebih dan membuat sistem metabolism tubuh abnormal sehingga terjadi penumpukan racun dalam tubuh. Bau badan juga bisa menjadi indikasi bahwa kondisi kesehatan seseorang sedang menurun. Bau badan yang berlebihan bisa disebabkan juga oleh bakteri dan jamur yang tumbuh dan berkembang pada sistem pencernaan. Alternatif lain yang harus dilakukan dengan mengubah pola makan ke arah alami. Caranya dengan mengkonsumsi menu makanan alami yang sehat dan seimbang. Untuk mengurangi bau badan, sebaiknya banyak mengkonsumsi makanan alami seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Hindari makanan mengandung pewarna dan pengawet. Jagalah kebersihan filter tubuh. Bau badan berlebihan yang berasal dari ketiak maupun dari pernafasan menandakan bahwa ada racun di dalam tubuh. Jadi semua filter tubuh seperti usus, sistem limfa, kulit, ginjal dan paru-paru harus selalu dijaga kebersihannya.
Kesimpulannya :
Gaya hidup bersih dan pola makan yang sehat merupakan solusi utama untuk menghilangkan bau badan. Hindari merokok dan konsumsi alkohol. Bebas bau badan tidak sedap artinya bebas masalah dengan orang lain di sekitar kita saat berolahraga. serta dapat menjalankan aktivitas gerak dengan nyaman dan lebih percaya diri.


0 komentar: