Kamis, 03 Februari 2011

Nutrisi Kesehatan dan Keaktifan Otak


00.24 | ,

1. Lemak yang cerdas :
Disebut dengan asam lemak omega-3,omega-6, dan omega-9 untuk menjaga kecerdasan otak,termasuk asam eicosapentaenoic (EPA) dan asamdocosahexaenoic (DHA). Menurut penelitian, DHA dapatmemperbaiki penglihatan dan perkembangan fungsi-fungsi syaraf kognitif. Asam lemak ini bisa didapatkan dari minyak ikan, tuna, sarden, kacang mete, kacang merah, kacang tanah, flaxseed dan biji bunga matahari.
2. Asthaxanthin :
Berasal dari udang, kerang, dan kepiting. Astaxanthin ini adalah flavonoid yang pertama kali diekstrak dari sumber yang bukan tumbuhan atau alga. Mengandung phospholipid yang dapat meningkatkan penyerapan nutrient penting untuk otak.
3. Zat Hidrat Arang :
Menyebabkan otak melepaskan serotonin, zat kimia yang akan meningkatkan kesehatan otak melalui stimulasi indera rasa nyaman dan ketenangan. Zat hidrat arang banyak didapatkan dari nasi, pasta, dan kentang.
4. Lesitin :
Kuning telur mengandung lesitin yang dianggap penting sebagai makanan otak, berfungsi untuk daya ingat dan konsentrasi. Tetapi ingat, batasi konsumsi kuning telur karena kandungan kolesterolnya yang tinggi.
5. Asam Amino Tryptophan :
Merupakan prekursor melatonin (hormon perangsang tidur), serotonin (transmiter pada system saraf), dan niasin (suatu vitamin). Tryptophan dapat diperoleh dari ayam kalkun dan susu.
6. Mineral Fe :
Berfungsi meningkatkan jumlah sel darah merah dalam darah, sehingga suplai oksigen ke otak juga akan maksimal. Mineral Fe didapatkan dari kacang merah dan bayam merah.
7. Vitamin :
Vitamin C mampu menyerap zat besi untuk peningkatan asupan oksigen dalam otak. Juga sebagai penghasil serotonin dan dopamine yang meningkatkan tenaga mental. Vitamin B mampu memperbaiki fungsi-fungsi kognitif. Folate amat penting mencegah kerusakan syaraf otak dan tulang belakang. Vitamin D dan E membuat lebih antusias, terinspirasi, tidak mudah lupa, dan waspada. Semua vitamin ini bisa didapatkan dari konsumsi buah-buahan, sayur mayur, kacangkacangan, susu, hati, ikan, dan telur.
8. Kafein :
Membantu meningkatkan konsentrasi, fokus, dan tidak mudah lelah. Bisa didapatkan dari kopi dan teh hijau.
9. Ginkgo biloba :
Ekstrak dari pohon Gymnospermus (tumbuhan berbiji terbuka) berfungsi meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan.
10. Suplemen makanan :
Suplemen makanan sudah mengandung nutrisi spesifik untuk otak secara lengkap dalam jumlah besar, sehingga membantu dalam setiap fungsi organ-organ vital dan kerja sistem tubuh.


0 komentar: